Facebook Twitter RSS
banner

Geblek Bumbu



ABSTRAK




Lusia Prawatiningrum. 2017. GEBLEK BUMBU  Gemar Eksplorasi  Bermain Lewat Edukasi Kinestetik dan Beragam gizi Untuk Makanan Berdasarkan Usia” di KB Seruni Purworejo. Karya Nyata. Pendidik PAUD. Diajukan dalam rangka Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2017.

Kata kunci : Bermain, Kinestetik dan Makanan Bergizi.

            Sesuai prinsip pembelajaran PAUD, pemberian rangsangan pendidikan dan pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter. Pengembangan nilai-nilai karakter dilakukan secara terpadu baik melalui pembiasaan juga melalui keteladanan, baik yang bersifat spontan maupun terprogram. Apabila terprogram, keterlibatan pendidik sangat dituntut dalam memfasilitasinya, karena peserta didik di PAUD dapat belajar optimal apabila : melalui bermain, didukung  fasilitator (pendidik), dan ada media serta sumber belajar.

            GEBLEK BUMBU merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan dalam pengembangan karakter perilaku hidup sehat, yaitu dengan mengajak peserta didik untuk gemar mengeksplorasi kegiatan pengembangan kecerdasan kinestetik dan mau makan makanan yang bergizi  sesuai usia  peserta didik.
Hasil dari pelaksanaan model pembelajaran ini adalah meningkatnya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Dampak dari pelaksanaan model pembelajaran  ini adalah meningkatnya jam kedatangan peserta didik.  Meningkatnya perhatian orang tua pada tumbuh kembang peserta didik, yaitu dengan perhatian mereka menyiapkan bekal makan besar yang bergizi, dan dukungan saat bermain  gerak dan lagu.
Rencana tindak lanjut inovasi model pembelajaran ini, yaitu akan digali terus untuk dilanjutkan di KB Seruni Purworejo dan dikembangkan di lembaga PAUD lain di lingkungan wilayah sekitar, yaitu dalam kegiatan Gugus dan Himpaudi serta Sosialisasi ke masyarakat luas melalui Radio Komunitas Mitra FM Purworejo
  Upaya ini diharapkan dapat menggugah pendidik lembaga PAUD lain dan orang tua dengan anak usia dini untuk bersama-sama berkreasi dalam merangsang peserta didik  terutama pengembangan  karakter perilaku hidup sehat melalui eksplorasi kegiatan pengembangan kecerdasan kinestetik dan mau makan makanan bergizi.
            Kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran ini adalah ada  orang tua terutama ibu peserta didik  yang merupakan seorang pekerja serta orang tua tunggal sehingga kadang bekal yang dibawakan kepada anaknya hanya makanan cepat saji bahkan makanan ringan saja.  Adapun faktor pendukung pelaksanaan model pembelajaran  ini adalah kerjasama antar  pendidik  yang kompak, minat peserta didik yang tinggi, kerjasama dan pengertian orang tua dalam menyiapkan bekal.
Pengembangan inovasi model pembelajaran ini diharapkan dapat dijadikan acuan pembelajaran  lembaga PAUD lain. Bahkan dapat dilanjutkan  oleh para orang tua peserta didik pada  saat berkegiatan di rumah.


SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments: